Kamis, 09 April 2015

Manfaat Puasa Senin Kamis

Tidak ada komentar:
 Assalammualaikum Wr. Wb. Guys..
Kali ini ana ingin berbagi soal manfaat puasa senin kamis nih,makanya buat akhi'na dan ukti'na puasa dong.. banyak loh manfaatnya..
Semoga bermanfaat yaa..
Enjoy.. Jzk
 Kita semua tahu bahwa Senin dan kamis merupahan sebuah hari yang di dalamnya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Rasulullah Muhammad SAW sangat menganjurkan kepada kita semua yaitu kita sebagai umatnya untuk mengerjakan puasa sunnah pada hari senin dan kamis. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada jaman dahulu Nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa sunnah pada hari senin dan kamis tersebut. Seperti yang di terangkan dalam sabda Rasulullah dari Abu Hurairah yang artinya :

"Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, " Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).


Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk senantiasa melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis yaitu karena segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis di periksa oleh malaikat. Seperti sabda  Rasulullah SAW yang artinya : 

Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Walaupun puasa senin kamis ini merupakan amalan sunnah, akan tetapi puasa sunnah ini memiliki keistimewaan tersendiri di mata Allah SWT. Bagi setiap umat muslim yang mau mengerjakannya , Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam hadits Qudsi-Nya:

"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat."(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist diatas , maksud dari "puasa" yaitu puasa secara umum, baik puasa wajib maupun puasa sunnah. Tidak terkecuali puasa sunnah senin kamis ini.


Niat Puasa Sunnah Senin Kamis 

Walaupun mengerjakan puasa senin kamis ini hukumnya sunnah , akan tetapi keistimewaannya dan keutamaannya sangatlah besar. Dalam melaksanakan puasa senin kamis ini kita harus mengawalinya dengan niat. 

Pelaksanaan niat tersebut termasuk dalam rukun puasa yang harus ada untuk mengawali puasa. Maksudnya yaitu , puasa senin kamis ini tidak akan sah jika pada pelaksanaanya tidak diawali dengan niat .

Sebenarnya letak niat itu ada di dalam hati. Sedangkan untuk pelafalan niat secara lisan, para ulama ahli fiqih telah setuju (ijma) atau sepakat bahwa hal itu boleh dilakukan dan sunat. Pelafalan niat tersebut boleh menggunakan bahasa Arab ataupun menggunakan bahasa kita sehari-hari. Lafadz niat puasa sunnah senin kamis yaitu sebagai berikut :


Keistimewaan Mengerjakan Puasa Senin Kamis

Surga Balasannya Di AkhiratAllah SWT akan menempatkan hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan beramal saleh ke dalam surga . Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hamba-Nya yang bertakwa.

Terhindar dari Siksa Api NerakaPuasa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat istimewa di hadapan Allah SWT . Dan bagi orang yang mau mengerjakannya, maka Allah SWT akan memberikan ganjaran surga di akhirat. 

Menjadi Penolong pada Hari Kiamat serta untuk mendekatan Diri kepada Allah SWT.

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan jasmani


1. Sistem pencernaan kita akan menjadi semakin sehat. Karena saat kita berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh kita beristrahat. 

2. Selain memberi kesempatan kepada alat pencernaan untuk beristirahat, ternyata puasa senin kamis dapat menghilangkan racun dan kotoran (detoksifikasi) yang ada di dalam tubuh kita. Dengan mengerjakan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen .

3. Mencegah penyakit kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain. Penyakit tersebut timbul karena pola makan kta yang tidak baik, sehingga menyebabkan kegemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top